Jumat, 01 Juli 2011

Deja vu, Misteri Pengulangan Peristiwa - Mistery News - Edukasi

Surabaya - Pernahkah mengalami sebuah peristiwa hingga dua kali atau seolah pernah mengalami peristiwa yang sama dulu? Meski sulit diperjelas rentang waktu dan hanya sepotong-potong saja, namun ia seolah pernah terlintas dalam hidup ini?

Yah, fenomena pengulangan ini dikenal dengan istilah Deja vu. Dini misalnya, ia tiba-tiba bercerita pada penulis bahwa berkerja di bank yang baru ini, sepertinya pernah ia alami, suasana dan beberapa teman baru yang ada sepertinya sudah familiar di benaknya. Padahal faktanya Dini belum pernah kerja di Bank.

Déjà vu adalah frasa dari bahasa Perancis yang secara harfiah berarti 'pernah lihat'. Maksudnya mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dalam bahasa Yunani, para artinya "sejajar" dan mnimi yang bermakna "ingatan".

Beberapa pakar dan ahli pernah menyebutkan mengenai fenomena 'pernah lihat' dalam konteks Deja vu. Konon 70% penduduk bumi ini pernah mengalami fenomena ingatan ini.

Istilah ini diciptakan oleh seorang peneliti psikis Perancis, Émile Boirac (1851-1917) dalam bukunya L'Avenir des psychiques ilmu ("Masa Depan Ilmu Psikis"). Emile sendiri terus meneliti fenomena ini hingga tahun 1876, namun ia tidak pernah secara tuntas menyelesaikan penelitiannya.

Lantas banyak muncul peneliti lain yang telah mencoba untuk memahami fenomena ini sehingga sekarang kita bisa mendapatkan Paling tidak 40 teori yang berbeda mengenai deja vu, mulai dari peristiwa paranormal hingga gangguan syaraf. Psikolog legendaris, Sigmund Freud pernah menyebut hal luar biasa mengenai deja vu ini. Konon pengalaman Déjà vu biasanya disertai oleh rasa keakraban yang menarik, dan juga rasa "keseraman," "keanehan."

Leave a Reply